Perkembangan dunia E-Commerce di Indonesia yang semakin maju melahirkan strategy-strategy promosi dan pelayanan yang baru. Namun bukan strategy dan pelayanan baru yang akan dibahas kali ini, melainkan Manfaat Blog untuk Bisnis (E-Commerce).
Menurut Pyra Labs Blogger, “Blog adalah halaman web site yang dibuat
dengan format yang pendek, serng diupdate dengan posting-posting yang
bersifat kronologi-seperti sebuah halaman baru atau mirip sebuah
jurnal.” Istilah weblog sendiri diciptakan oleh Jorm Barger ditahun
1997.
Dari pendapat Pyra Labs Blogger diatas bisa terlihat fungsi sebuah blog. Di Indonesia, penggunaan blog bukan hanya sebatas Jurnal atau Catatan Online belaka. Saat ini sudah menjadi media untuk mengembangkan Bisnis. Adapun Manfaat Blog Untuk Bisnis yang sudah dirangkum dari beberapa sumber terpercaya adalah;
- Sebagai media Promosi. Sudah tidak aneh melihat blog yang hanya berisi promosi sebuah produk, atau tulisan yang menarik dengan menampilkan beberapa Banner Iklan di Sidebar maupun Konten tersebut. Inilah Manfaat Blog Untuk Bisnis.
- Sebagai Media Diskusi. Setiap sebuah perusahaan membutuhkan kritik dan saran untuk mengembangkan produknya, blog bisa dimanfaatkan sebagai sarana diskusi. Buat sebuah Posting mengenai produk baru, dan menyediakan formulir komentar di bawah artikel yang dibuat, dan membiarkan pengunjung memberikan kritik dan sarannya atau tanya jawab seputar produk yang dijelaskan tersebut.
- Bahan Riset dan Pengemangan Bisnis